Minggu, 13 Januari 2008

Cara Mengatasi Keuangan

Sering bermasalah sama yang namanya keuangan?? ga bisa berhemat?? itu semua bisa teratasi dengan kita mengganti dompet.. nah lho?? apa hubungannya?? yuk kita ikutin gimana caranya kita bisa berhemat dengan mengganti dompet kita menurut Suze Orman penulis buku The Nine Steps to Financial Freedom.

1. Ganti Dompetmu
Kalau kamu mempunyai dompet yang gede, gantilah dengan dompet yang kecil karena ternyata hubungan dompet yang gede dengan keborosan sangat erat kaitannya. Jadi yang penting di dalam dompetmu harus memuat 5 benda penghuni tetap atau yang wajib kamu bawa-bawa yaitu SIM, KTP, satu kartu kredit, Kartu kesehatan dan catatan telepon pentin. Pilihlah dompet yang ok, yaitu yang mempunyai 2 kompartemen salah satu untuk menyimpan 5 benda diatas dan kompartemen yang satunya lagi untuk uang kertas dan slip belanja, tapi tempat untuk uang receh juga perlu lho?

2. Sortir Penghuni Dompet
Kamu harus bisa mensortir benda-benda apa sajakah yang harus ada di dalam dompetmu.. kalo yang ga perlu mending kamu keluarkan dan jauhkan dari hadapanmu supaya kamu ga tergoda untuk memakainya lagi.

3. Sortir Kartu Kredit
Godaan Kartu Kredit cukup tinggi. karena sekarang katu kredit gampang ditawarkan dimana-mana. kartu kredit ini berguna memang kalau kita lagi ga punya uang cash, tapi kartu kredit juga bisa membuat kita jadi konsumtif. Jadi kita jangan cepat tergiur dengan tawaran-tawaran kartu kredit yang dengan mudah kita temui di mall-mall, pintarlah memilih kartu kredit yang menguntungkan, misalnya Fee tahunan gratis plus bunga yang rendah.

4. Buat Daftar Belanja Bulanan
Buatlah daftar apa saja yang haru dibayar, lalu sisihkan uang unuk tabungan terlebih dahulu baru kita sisihkan uang untuk membayar beberapa tagihan kita, kalo kita sudah mengambil dana dari ATM jangan dibawa lagi ATM nya kemana-mana, masukan ke lemari agr kita tidak tergoda untuk mengambil uang lagi.

5. Tinggalkan Kartu Kredit
Sebaiknya kita tinggalkan saja kartu kredit dirumah dan jaga agar pembayaran kartu kredit tidak melampaui deadline agar tak menambah beban bunga.

6. Sortir Slip dan Bon Belanja
- Buang bon yang tak terpakai lagike keranjang sampah
- Kumpulkan slip kartu kredit dan resi lainnya yang masih terpakai. Tata rapi dan masukan ke dalam amplop. Nani suatu saat kita memerlukannya, kita ga perlu bingung mencarinya.

Selamat mengikuti tipsnya ya..

Sumber : Majalah Kartika


-Stella Jesica-
62060334

Tidak ada komentar: