Selasa, 08 Januari 2008

7 jenis makanan sehat & 7 jenis makanan tidak sehat

Ngomongin makanan emang ngak ada abisnya , lihat saja acara wisata kuliner yang kian hari kian banyak diminati oleh pemirsa televisi. Itu membuktikan bahwa makanan-makanan yang enak memang sudah pasti akan diminati oleh orang banyak apalagi bagi kita yang masih dalam usia pertumbuhan. Akan tetapi apakah makanan yang lezat nan menggiurkan itu sudah dapat memenuhi nilai gizi bagi tubuh kita?? atau malah sebaliknnya, yakni malah menimbun penyakit bagi tubuh kita apabila terlalu sering mengkonsumsi makanan-makanan lezat tersebut. Buktinya saja, setelah maraknya berbagai acara kuliner di beberapa stasiun televisi, muncul juga acara kuliner yang menyuguhkan bukan hanya makanan yang lezat saja, akan tetapi harus mempunyai nilai gizi dan kesehatan di dalam makanan yang disajikan. Seperti yang ditayangkan oleh acara Harmoni di Trans TV.
Maka dari itu, kita harus pintar dalam memilih makanan yang kita konsumsi sehari-harinya dan alangkah baiknya jika dari sekarang kita sudah mulai memperhatikan makanan apa saja yang sehat dan baik untuk dikonsumsi oleh tubuh kita, demi menjaga kesehatan kita sampai di masa tua nanti. Berikut ini, saya akan memaparkan beberapa jenis makanan yang sehat yang disarankan oleh beberapa ahli nutrisi :

1. Buah - buahan dan sayuran

  • wortel : sesekali cemilin wortel supaya mata kita jadi sehat karena mengandung banyak vitamin A
  • brokoli : kaya akan vitamin C dan A
  • tomat : jika direbus sebentar dapat mengaktifkan kandungan lycopene yang dapat memerangi sel kanker
  • buah kiwi : mengandung banyak vitamin C, kaya serat dan anti oksidan
  • jeruk : mengandung vitamin C, folat dan potasium
  • apel : kaya akan anti oksidan

2. Roti : pilih yang gandum karena banyak mengandung serat

3. Sereal : mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk sel-sel darah. Pilihlah yang tidak banyak mengandung pemanis.

4. Susu : kandungan kalsiumnya baik untuk tulang dan jantung. Pilih yang segar, jangan dalam kemasan

5. Yoghurt : mengandung 275-450mg kalsium, proteinnya membantu pertumbuhan dan perbaikan otot

6. Ikan laut : pilih yang berasal dari laut dalam seperti salmon dan gindara, yang banyak mengandung asam lemak omega3 yang berfungsi untuk kesehatan jantung.

7. Daging : pilih daging segar yang mengandung sedikit lemak dan lebih baik jika tidak digoreng.

Berikut ini adalah 7 jenis makanan yang nilai kesehatannya kurang baik dan dianjurkan oleh para ahli gizi agar jangan terlalu sering dikonsumsi. Mari kita sama-sama mengeceknya jangan jangan salah satu jenis makanan di bawah ini adalah makanan favorit kita :

1. Nuggets : termasuk segala macam fastfood yang dibalut tepung dan digoreng karena sarat akan lemak.

2. Keripik : satu genggam keripik tidak apa apa, tapi kalau kebanyakan, terutama keripik kentang, keripik jagung dan keripik keju bisa berbahaya karena sarat lemak dan sodium.

3. Donat : hampir semua donat sarat dengan lemak jenuh yang dapat mengakibatkan penyumbatan arteri. 1 potong donat mengandung 200-300 kalori dan sedikit sekali nutrisi.

4. Kentang goreng : banyak mengandung lemak jenuh dan sedikit sekali vitaminnya.

5. Hotdog atau burger : mengandung lemak jenuh dan sodiumnya cukup tinggi dan sedikit mengandung protein.

6. Jus aneka rasa dalam kemasan : kebanyakan hanya mengandung 10% sari buah, sisanya air dan pemanis. Jangan tertipu iklan! Jus dalam kemasan tidak banyak mengandung nutrisi tapi lebih banyak pewarna, pemanis buatan dan pengawet.

7. Soda : jaman sekarang, orang cenderung lebih banyak minum soda dibandingkan air putih. Sekaleng minuman bersoda mengandung 10- 15 sendok gula yang dapat menyebabkan kegemukan, kerusakan gigi dan gangguan pertumbuhan tulang karena memicu kekurangan kalsium dan nutrisi penting lainnya.

FERINDA

NIM : 62060460

Kelas : C1

-sumber media A2g-

Tidak ada komentar: